Sabtu, 17 Juli 2021

MPLS SD Negeri 3 Banjar Jawa

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SD Negeri 3 Banjar Jawa baru saja berakhir. Kegiatan MPLS dirangkai dalam jadwal kegiatan yang bermakna untuk proses pembelajaran ke depan. MPLS berlangsung dari tanggal 12 hingga 16 Juli 2021. Dengan MPLS yang menekankan budaya positif ini, diharapkan pembelajaran ke depan akan semakin berkualitas. 

Hari pertama dilaksanakan pengenalan potensi peserta didik. Melalui kegiatan penyebaran form kuesioner penelusuran potensi yang diisi oleh orangtua peserta didik dan anak. Selanjutnya secara bertahap data direkapitulasi dan dijadikan data awal untuk penelusuran lanjutan secara kontinyu melalui observasi pada pembelajaran. pada hari yang sama anak-anak diminta menggambar diri sebagai refleksi bagi guru tentang konsep diri anak dan potensinya.

Pada hari berikutnya dikemas kegiatan dengan interaksi positif. Pada kegiatan ini dilaksanakan perkenalan guru pengajar dan peserta didik melalui metode sinkronus (Google meet) atau asinkronus (video). Kegiatan ini bertujuan mempererat hubungan anak dengan gurunya.

Selanjutnya ada kegiatan pengembangan motivasi & cara belajar efektif. Kegiatan ini pada dasarnya mengenalkan dan menyepakati cara belajar yang akan dipakai. Misalnya sesi sinkronus dengan G meet, asinkronus (tugas) melalui G Classroom. Serta membuat kesepakatan kelas untuk menumbuhkan motivasi intrinsik peserta didik dalam berdisiplin.

Adaptasi lingkungan belajar adalah kegiatan selanjutnya yang dilakukan. Pada kegiatan tersebut dikenalkan cara menggunakan G Meet, G Classroom, G Form, Youtobe, dll. Selain itu juga dikenalkan dan diingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan.

Terakhir, dilaksanakan kegiatan untuk menumbuhkan perilaku positif. Pada kegiatan ini guru dan siswa menyampaikan tujuan (target) yang ingin dicapai dalam 1 tahun pembelajaran ke depan sebagai penentu arah tujuan bersama dalam melangkah. Dengan visi dan tujuan ke depan, diibaratkan seperti pelari yang tahu benar dimana ia akan finish dan bagaimana lintasan yang akan dilaluinya.

Berikut ini adalah potret dokumentasi kegiatannya.



Semoga dengan semakin banyak kebaikan-kebaikan yang kita ceritakan, membuat hidup kita menjadi semakin baik pula. Terimakasih.